Membiasakan Gagal Part I: Yuk, Kuliah di Luar Negeri!

Haloooo. Waah seneng akhirnya kesampean ngeblog lagi :D FYI, beberapa bulan kemarin sempet vakum karena tetek mbengek persiapan sekolah yang akhirnya harus kandas lagi di tahun ini T.T Dan dulu gw bernazar apapun hasil yang bakal gw dapet, gw mau share pengalaman itu di blog ini, dengan harapan bisa membantu ngasi gambaran ke kalian tentang gimana rempongnya nyiapin sekolah ala gw ^^v

Sebelum gw mulai, gw kasi tahu dulu kali ya mimpi gw selama ini apa. Mimpi gw yang mau gw raih tahun ini adalah gw bisa melanjutkan sekolah gw lagi dengan tujuan menjadi orang yang ngajarin mahasiswa tentang ilmu psikologi. Entah bagaimana, akhir tahun kemarin kantor gw tercinta kena krisis finansial dan harus mengalami restrukturisasi kedua, which means orang-orang kantor harus di-cut. Setelah kegalauan kondisi kantor yang tak kunjung membaik, akhirnya bulan November kemarin ditetapinlah siapa-siapa aja yang kena PHK. Sedihnya (atau bahagianya), I was on the list. Sedihnya, kondisi ini memperburuk tampilan CV gw lagi. Hiks.. Setelah gw sempet kerja hanya 3.5 bulan dan harus berhenti karena kondisi kesehatan gw, sekarang gw harus berhenti lagi setelah 10 bulan kerja karena kondisi kantor :( Bahagianya, ada kesempatan buat gw nyipain buat sekolah lagi berbekal tabungan gw selama kerja dan uang pesangon. Saat itu gw merasa ini jalan Tuhan buat gw untuk mulai meraih mimpi gw yang selama ini tertunda. Mulai saat itulah gw mantepin untuk mulai persiapan buat sekolah.

Mimpi terbesar gw adalah bisa SEKOLAH DI LUAR NEGERI.

Kenapa di LN? Bukan berarti di DN gak bagus lho ya. Hanya, dalam pandangan gw, gw mau dapet pengalaman yang lebih tidak biasa, dengan belajar, bertempat tinggal, beradaptasi dengan budaya Barat yang pasti beda banget sama budaya INdonesia. Gw bisa dapet pandangan beragam tentang sesuatu hal dari pemikiran orang-orang dari berbagai negara. Banyak juga pasti yang harus dipelajari. Gak semuanya akan menyenangkan pasti. Tapi bakal jadi cerita tersendiri dalam perjalanan hidup. Dan lebih menyenangkan, di LN akan lebih banyak akses sumber bacaan untuk menunjang proses belajarlu. Mungkin gw tekankan dulu ya, di sini gw berencana kuliah di UK. Kalo di luar versi keilmuan, gw tergila-gila dengan arsitektur Eropa, apalagi UK. Dan orang-orang di UK kebanyakan masih menonjolkan manner dalam kehidupan sehari-hari. BUdaya yang ga jauh berbeda dengan budaya gw sebagai orang Jawa. Cukup sedikit berbeda dengan budaya Amerika yang lebih bebas. Nah, kurang lebih itulah yang membuat gw pengen banget bisa sekolah di sana. Meskipun ada lagi hal yang sangat gw takutkan. Gw alergi dingin dan gampang masuk angin! hahahhaha. Jadi emak bapak emang ga rela banget gw ke sana. Siapa yang ngerokin *drama*

Nah, untuk sekolah di LN apa aja sih yang harus disiapin? BUanyaaak. Ini list versi gw yaa.

1. Kampus dan fakultas.
Rajin-rajin cari informasi kampus dan fakultas apa yang menarik dan sesuai buat kalian. Karna kali ini gw ngomongin melanjutkan sekolah ke S2 atau master, jadi usahakan cari fakultas yang emang bener-bener kalian mau dalemin. Jangan sampai ambil fakultas yang cuma kalian mau setengah-setengah. Cari bidang yang bener-bener kalian suka dan mau kalian pelajari. Jangan cuma suka aja ya, tapi juga harus mau dipelajari.
Sering-sering cari informasi edufair dan dateng ke edufairnya. Kebanyakan dari edufair itu gratis kok. Gw malah belum pernah dateng ke edufair disuruh bayar. Nah, di sana jangan malu buat tanya-tanya tentang kampus yang ada di sana. Datengin aja semua standnya. Biasanya pasti mereka kasi banner untuk info fakultas apa aja yang ada di sana. Kalo ada fakultas yang kalian suka, langsung aja tanya-tanya sampe puas. Selain dapet informasi lebih lengkap, bisa dapet souvenir juga. hahahaha. Terkadang kalian bisa dapet guidance book buat mahasiswa baru di sana juga lho. Lumayan banget. Kumpulin informasi sebanyak-banyaknya buat perbandingan antara satu kampus dengan kampus yang lain.
Selain dari edufair, kalian juga bisa cari rangking kampus untuk tahu kampus mana yang paling terbaik dengan bidangnya masing-masing. Kalian bisa cari di atau gugling QS World University Rangking. Rangking ini bisa membantu kalian buat menentukan sekolah dan jurusan yang pas buat kalian.

2. Belajar bahasa
Yups! Ini paling penting. Kalian udah tahu mau sekolah di mana tapi ga tahu bahasanya. Sama aja NOL sis bro hehe. Kalian harus dalemin bahasa untuk studi di sana. Kebanyakan akan minta skor IELTS atau TOEFL. Fyi, sepertinya untuk TOEFL, semua uni di LN khususnya di Eropa sudah tidak menerima TOEFL PBT lagi. Jadi versi tes TOEFL yang harus kalian ambil adalah yang iBT. Tolong dikoreksi ya kalo informasi ini salah :)Nah, untuk ambil tes ini biayanya hampir sama kayak beli HP samsung versi tipe agak bagus. Harga tiap-tiap lembaga penyedia tes bisa berbeda. Mereka biasanya pakai kurs dolar, yang kalo dikonversi ke rupiah bisa sekitar 2-3 juta untuk sekali tes. Lumayan banget kan. Makanya, dipersiapkan baik-baik sebelum ambil tes. Bisa belajar sendiri di rumah dengan beli atau donlod buku latihan tesnya. Bisa dengan ambil kelas persiapan yang ada di lembaga-lembaga bahasa tertentu. Gugling aja. Sekarang banyak banget kok institusi begitu. 
Untuk kalian yang bahasa pengantar atau keseharian di kampusnya bukan bahasa Inggris juga harus mempersiapkan bahasa sesuai negara kalian masing-masing yaa. CMIIIW!

3. Beasiswa
Nah yang satu ini buat kalian-kalian yang mau sekolah tanpa pakai uang orang tua, gak punya tabungan banyak, kayak gw. Silakan cari informasi beasiswa buat menunjang proses studi kalian di LN. Sekarang info beasiswa udah luar biasa banyaknya dan semuanya pasti menguntungkan kalian. Tinggal cari mana beasiswa yang requirementnya  sesuai dengan kalian, siapkan dokumen-dokumennya, dan APPLY!
Untuk nyiapin beasiswa ini butuh waktu yang ga sebentar. Banyak dokumen yang perlu disiapin. Jangan gegabah dalam nyiapin dokumen yaa. Kadang bosen, capek, kesel, gapapaa, emang begitu kok prosesnya. Hehe. Istirahat sebentar kalo capek, abis itu harus bangkit semangat lagi yaaaa.

Kurang lebih hal-hal itu yang harus kalian siapin kalo kalian punya rencana ngelanjutin master di LN :)
Brb buat nyeritain pengalaman gw dalam mewujudkan mimpi gw ini yaaa. Bye!

- beatrich titik dua kurung tutup -

CONVERSATION

0 comments:

Post a Comment

Back
to top